Ramadan Kali Ini

Sebentar lagi puasa. Seperti puasa tahun-tahun sebelumnya, gue merasa bulan puasa adalah waktu yang paling pas untuk jadi produktif. Enak aja rasanya nulis malem2 dari mulai buka puasa sampai sahur, di saat semua orang pada tidur, handphone gak ada yang ganggu. Best time to write.

Bulan puasa ini rencananya gue mau nulis beberapa skenario film, beberapa di antaranya skenario Mertua Dari Neraka dan skenario film dari buku gue Manusia Setengah Salmon. Kalau semuanya sudah selesai, gue juga lanjut nyari inspirasi untuk buku terbaru gue, yang rencananya terbit tahun 2013. Produktif bener kayaknya Ramadan ini.

Salah satu kerjaan gue di bulan puasa taun ini adalah gue main di program komedi sitcom Ramadan berjudul Indonesia Harus Buka yang bakalan tayang di Kompas TV pukul 17.00 - 18.00 WIB tiap hari sampai Lebaran. Kalo lo gak tahu Kompas TV bisa dilihat di channel apa bisa lihat di sini.

Programnya sudah mulai taping, gue main di program ini bareng sama Pandji, Ernest, Ryan, dan temen-temen comic lain. I'd say program ini beda dari program lain yang pernah gue kerjain, kebanyakan kami improvisasi langsung on the spot, tanpa ada script. Untungnya gue sama temen-temen lain udah saling kenal dan hampir punya sense of comedy yang sama, jadi buat kami chemistry-nya langsung udah keluar.

Berhubung comic-comic banyak yang rese, jadi pas lagi nunggu syuting di lokasi mereka juga suka iseng.
Ini contohnya, si Pandji ngisengin gue yang lagi nulis anteng-anteng sendirian:



Atau buka di Youtubenya, di: http://www.youtube.com/watch?v=SrGPFcnl02U&list=FLhasZNRCs3HJjGIebCXOreQ&index=1&feature=plpp_video

Untuk menutup, nih satu foto pas lagi syuting episode perdana Indonesia Harus Buka:



sehari-hari

Postingan Setelah Lima Bulan

Beberapa minggu yang lalu, ada wartawan yang bertanya sama gue, "Mas Radit, kok belum nulis blog lagi? Terakhir Februari kalau gak salah." Gue cuma bisa bengong sebentar, dan pelan menjawab, "Oh iya, saya punya blog ya..." Pada detik itu gue baru sadar, iya sih gue belum nulis apa-apa selama lima bulan. Five freakin' months.

So here you go.
Sebuah postingan baru.

Gue gak tahu kenapa gue jadi jarang nulis blog lagi. Semakin lama semakin jarang. Mungkin karena twitter yang lebih praktis, dan pas gue mau nulis blog apa yang mau gue sampaikan udah tertuangkan semua di twitter. Atau juga mungkin semenjak standup comedy meledak tahun lalu, gue jadi semakin jarang nulis. Sekarang waktu gue lebih banyak dihabiskan untuk keluar kota untuk undangan standup comedy, atau shooting program yang ada kaitannya dengan standup comedy, seperti jadi Standup Comedy Indonesia Season 2 (Kompas TV) dan Galau Night (Metro TV).

Tapi, gimana pun juga blog adalah tempat di mana gue memulai semuanya. Mudah-mudahan gue bakal lebih sering lagi untuk nulis di blog ini. Mudah-mudahan kalimat barusan yang gue tulis juga gak jadi kayak sebelum-sebelumnya di mana gue udah mau rajin nulis tapi tetep jarang nulis di blog ini.

Buat yang mau tahu gue lagi sibuk ngapain aja:
- Gue ada sebagai bintang tamu rutin di Galau Nite Metro TV, tayang setiap malam minggu jam 22.30.
- Gue ada sebagai juri di Standup Comedy Indonesia season 2 Kompas TV, tayang setiap malam minggu jam 20.30. Episode terakhir akan tayang malam minggu ini.
- Gue lagi ngerjain skenario film Mertua Dari Neraka, semoga bisa shooting taun ini.
- Gue lagi nyusun buku baru, dijadwalkan terbit tahun depan.

Segitu dulu deh. Biar posingannya cakep dikit (atau jijik dikit, tergantung lo suka kucing tanpa bulu atau enggak), ini poto kucing gue yang paling baru, namanya Ping dari ras Sphynx:


menjadi penulis