Tentang Koala Kumal

Buku terbaru gue, Koala Kumal, akan terbit tanggal 17 Januari 2015.

Buku ini ditulis selama 3,5 tahun (buku terakhir gue adalah Manusia Setengah Salmon yang terbit tahun 2011). Seperti buku-buku gue sebelumnya, Koala Kumal adalah buku komedi tentang pengalaman pribadi gue, seluruhnya dari kisah nyata.

Gue akan cerita sedikit kenapa judulnya Koala Kumal. Jadi begini, beberapa tahun yang lalu gue menemukan foto ini di sebuah situs online:



Ini adalah koala yang ada di New South Wales, Australia, yang pulang kembali ke rumahnya (hutan) setelah rumahnya ditebangi. Ketika dia pulang dia kaget menemukan rumahnya menjadi tidak sama lagi. Dia tahu ini adalah rumahnya, tapi sekarang terasa asing untuk dia..

Nah, buku Koala Kumal adalah soal tempat nyaman yang ketika kita tinggalkan, lalu kembali lagi.. kok tempatnya jadi beda. Cerita-cerita di dalam buku tersebut rata-rata adalah soal itu. Ada tentang gue waktu SD berteman, tapi ternyata temen-temen gue kok lama-lama jadi gak sama lagi. Ada soal  ketemu mantan, tapi kok dia sekarang jadi orang yang berbeda. Ada tentang bagaimana patah hati yang terhebat bisa membuat kita sendiri yang jadi gak sama lagi. Total ada belasan cerita dalam buku ini. Walaupun temanya terdengar serius, tapi seperti buku, film, dan karya gue sebelumnya, buku Koala Kumal tetap komedi. Istilah gue, komedi pake hati.

Seluruh isi buku tersebut adalah kisah nyata, berasal dari pengalaman gue pribadi. Prosesnya sejauh ini sudah sampai editing naskah dan pembuatan design cover buku. Sebelum bukunya terbit gue akan membuat pre-orde buku bertanda-tangannya. Pastikan kamu kebagian ya!


about my book...