updates

buset. baru beberapa hari www.radityadika.com dibuka eh udah over-bandwidth, yang berarti terlalu banyak traffic yang masuk ke website. yang berarti, ternyata banyak juga yang baca blog ini. yang berarti, gue kayaknya harus lebih sering nulis deh. hehe.

secara khusus, gue bikin blog ini emang beda dengan kambingjantan.com dulu. kalo dulu lebih ke arah curhat/komedi (sampe akhirnya jadi buku itu) blog ini lebih ke arah me-maintain hubungan gue dengan pembaca dan memfasilitasi pembaca dengan kabar mengenai buku terbaru gue, atau film yang udah dalam proses jalan ini.

soal film, gue belom bisa bicara banyak lagi. kita baru masuk draft 3, dan sudah tahap final untuk karakterisasi yang rencananya bakalan rapat minggu ini. kita masih mencoba untuk menyatukan visi sama sutradaranya, hanung brahmantyo, belom dapet-dapet soalnya. huhuhu. tapi yang jelas tungguin aja, masih agak molor dari schedule sih (kita rencana shooting september) tapi so far so good, apalagi semua orang lagi semangat-semangatnya. hehe. gue cukup optimis, mengingat mbak tyas udah sukses memproduseri nagabonar jadi 2 (denger-denger 1,5 juta penonton bo), jadi moga-moga dia bisa sukses lagi memproduseri kambingjantan the movie ini.

soal buku, banyak juga yang nanya lewat email, mohon maaf kalo belom bisa kejawab semuanya. untuk saat ini, draft buku ketiga gue udah jadi. total 100 halaman A4, jadi kalo jadi buku kira-kira 200 halaman lebih lah. gue sengaja bikin yang tebel soalnya banyak yang protes kalo cinbro itu ketipisan! hehehe. emang bener sih ketipisan. selanjutnya? gue bakal ke gagasmedia secepatnya, biar cepetan di edit dan nongol di toko-toko buku. jadwal di toko bukunya sih gak tau kapan ya, yang jelas gagasmedia udah punya rencana buku terbit selama 3 bulan ke depan, moga-moga aja proses editingnya cepet dan bisa nyela buku lain mehehehe *ketawa jahat*.

bukunya tentang apa? masih komedi bego dong. ngikutin formula kambingjantan dan cinta brontosaurus tentunya, kali ini dengan beberapa foto. terus terang, gue enjoy banget nulis buku ke tiga ini, gue ketawa pas lagi nulis (tempat nulis favorit gue: starbucks kemang) dan gue bener-bener gak sabar ngeliat buku ini release di pasaran. kali ini gue mencoba komedi yang lebih lepas lagi, lebih ngawur. gue pengen back to basic seperti yang gue lakukan dengan kambingjantan: lepas seperti babi.

sedikit mengenai proses editing, gue gak tau deh editing buku ke tiga bakalan berapa lama. sekadar info aja, cinta brontosaurus sempet mendem selama 3 bulan karena pihak gagasmedia dan gue belom nemu kecocokan tentang format buku tersebut (mereka bilang "cerita pribadi", gue bilang "esai"), akhirnya setelah semua cocok, baru deh buku itu diedit dan naik cetak. mungkin buku ketiga itu bisa seperti ini juga, tapi standar di dunia penerbitan sih 45 hari biasanya buku dari naskah ke cetak udah jadi.

gue bakalan mencoba untuk memberi update seperti ini di radityadika.com. jadi kalian akan mengikuti perjalanan buku gue dari naskah sampai naik cetak, begitu pula dengan film, di postingan berikutnya gue akan mengajak kalian untuk melihat progres filmnya sampai dia naik ke layar lebar. pokoknya, website ini khusus untuk pembaca deh dan memanjakan pembaca. neil gaiman, penulis fantasy amerika, pernah mencoba cara ini sewaktu dia lagi nulis novelnya. dia bikin blog yang isinya perjalanan dari mulai ngumpulin ide sampai akhrinya novelnya terbit. gue rasa, itu keren banget. pembaca (dan gue salah satu pembaca neil gaiman) akan ngerasa dia terlibat langsung secara pribadi, dan ngikutin perjalanan gimana penulis itu bisa menghasilkan sebuah buku. blog ini akan jadi seperti itu. gak ada salahnya dong, nyontek hal yang baik? :P

yang jelas, gue mencoba, seperti biasa, untuk selalu jujur dengan tulisan gue dan membiarkan komedi mengalir begitu aja dari satu cerita ke cerita lain. pada akhirnya, toh gue akan tetep konsisten menulis dan mudah-mudahan tetep konsisten menghibur pembaca semuanya.

oke deh, gue lagi di kantornya gagasmedia nih, yang punya komputer lagi gak ada. hehe.
see y'all later!


menjadi penulis